Saturday, April 14, 2012

LKS ekosistem 1


LEMBAR KEGATAN SISWA

Mata Pelajaran                                 : Biologi
Model                                                   : Noneksperimen
Judul                                                     : Ekosistem dan perubahan
Kelas/Semester                                                : X/2

1.         Standar kompetensi 4
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
2.         Kompetensi Dasar 4.2
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
3.         Indikator
·      Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan.
·      Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah/beretika lingkungan.
·      Memberikan contoh bahan-bahan polutan.
·      Mengenal cara-cara pelestarian lingkungan.
4.         Petunjuk Belajar
·      Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada.
·      Lakukanlah telaah referensi yang anda miliki.
·      Diskusikanlah dengan teman kelompokmu tentang hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem dan perubahannya.
5.         Informasi
·      Lingkungan adalah segala sesuatu di sekitar individu yang merupakan syarat bagi kehidupan individu tersebut.
·      Lingkungan dapat mengalami perubahan akibat dari aktivitas manusia, misalnya polusi.
·      Untuk menjaga agar lingkungan tetap lestari maka harus ada upaya-upaya untuk menghilangkan atau mengurangi penyebab perubahan tersebut.
6.         Langkah Kerja
·      Membaca berbagai referensi yang ada untuk menemukan berbagai informasi yang berkaitan dengan lingkungan.
·      Diskusikan dengan teman kelompokmu berbagai informasi tentang lingkungan yang ditemukan dari referensi
·      Diskusikan pula jawaban pertanyaan yang ada dan buatlah kesimpulannya secara berkelompok.
·      Tanyakanlah hal-hal lain yang tidak dipahami kepada temanmu dari kelompok lain atau kepada guru yang bersangkutan.
7.         Bahan Diskusi/Pertanyaan
·      Faktor apa saja yang dapat mengakibatkan perusakan lingkungan.
·      Bagaimana contoh perilaku manusia yang tidak ramah/etis terhadap lingkungan.
·      Bahan-bahan apa saja yang termasuk penyebab polusi (polutan) dan apa saja dampak negatifnya bagi manusia.
·      Upaya-upaya apa yang dapat dilakukan secara individu atau kelompok untuk melestarikan lingkungan.






8.         Jawaban bahan diskusi


















9.         Kesimpulan













Kelompok
-
-
-
-
-
-

Kolom Penilaian
Nama Siswa
Kelas
Nilai
Paraf Guru













Catatan


No comments:

Post a Comment