Saturday, April 14, 2012

LKS jamur 1


Lembar Kerja Siswa

MataPelajaran                  : Biologi
Model                                  : Non Eksperimen
Judul                                     : Ciri-Ciri dan Peranan Jamur
Kelas/Semester                               : X/I
Standar Kompetensi      : 2.          Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar          : 2.4      Mendiskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan.
Indikator :
1.              Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam kingdom Fungi.
2.              Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
3.              Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.
4.              Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
5.              Menunjukkan contoh jenis-jenis jamur serta menjelaskan peranannya bagi kehidupan.
6.              Membuat produk makanan yang menggunakan fermentasi jamur.

Tujuan :
1.         Untuk mengetahui ciri-ciri umum Divisio dalam kingdom Fungi.
2.         Untuk mengetahui jenis-jenis jamur dan peranannya bagi kehidupan.

I.                Petunjuk Belajar
1.    Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang setiap kelompok
2.    Bacalah literatur tentang Kingdom Fungi untuk memperkuat pemahaman anda
II.             Informasi
         Fungi banyak ditemukan hidup mulai di daerah beriklim dingin hingga daerah yang beriklim panas da kebanyakan hidup di tempat lembab dan mengandung sisa-sisa organik, pada kayu lapuk, tempat sampah atau sisa-sisa makanan. Tubuhnya ada yang berbentuk bola, payung, benang, dan sebagainya.
         Ciri-ciri jamur antara lain : tidak memiliki klorofil, bersifat heterotrof saprofit pada sisa-sisa organisme atau heterortrof parasit pada organisme lain.
III.           Kegiatan I
Alat dan Bahan
-            Alat tulis menulis
-            Mistar
-            Kaca pembesar (loupe)
-            Kamera (jika ada)
IV.           Langkah Kerja :
1.    Jelajahi halaman sekolahmu, perhatikan tempat-tempat yang lembab, seperti tanah terlindung, pohon, pangkal batang pohon, kayu lapuk, dan sampah!
2.    Setiap jenis jamur yang kamu temukan, amati ciri tubuhnya dengan cermat, seperti ada tidaknya tubuh buah, bentuk tubuh buah, warna, dan ada tidaknya tangkai. Amati pula bentuk bagian bawah tudng tubuh buahnya. Ukur tinggi jamur dan diameter tudung tubuh dengan menggunakan mistar!
3.    Gambar setiap jenis jamur berdasarkan pengamatanmu. Beri keterangan gambar yang menunjukkan bagian-bagian tubuh jamur!
4.    Perhatikan lingkungan temapt hidup jamur tersebut. Catat habitat jamur!
5.    Jika kamu membawa kamera, dokumentasikan setiap jenis jamur yang kamu temukan!


V.             Bahan Diskusi

Uraian
Jamur
Ascomycotina
Zygomycotina
Basidiomycotina
Deuteromycotina
Ciri Tubuh :




a.     Tubuh buah (ada/tidak ada)




b.     Bentuk tubuh buah




c.      warna




d.     Tangkai buah (ada/tidak ada)




e.     Tinggi jamur (cm)




f.      diameter tudung (cm)




Gambar jamur




Habitat





VI        Kesimpulan


Kegiatan II
Tujuan :
Untuk mengetahui jenis jamur dan peranannya bagi kehidupan
Alat dan bahan :
-            Alat tulis menulis
Langkah kerja :
1.         Jelajahi halaman sekolahmu, perhatikan tempat-tempat yang lembab seperti tanah terlindung, pohon, pangkal batang pohon, kayu lapuk, dan sampah!
2.         Setiap jenis jamur yang kamu temukan, amati dengan cermat!
3.         Tentukan jenis jamur yang diamati dan apa peranannya!

Divisio Jamur
Contoh
Manfaat/ Peran
Ascomycotina
1.



2.



3.
dst
1.
2.
3.
Dst
1.
2.
3.
Dst

Zygomycotina
1.



2.



3.
1.
2.
3.
Dst
1.
2.
3.
Dst

Basidiomycotina
1.



2.



3.

1.
2.
3.
Dst
1.
2.
3.
Dst




4.         Sebutkan beberapa jenis Deuteromycotina yang hidup parasit dan menyebabkan penyakit pada manusia!

Jenis Jamur
Penyakit yang ditimbulkan
1.

2.

3.
Dst







Flowchart: Punched Tape: Buatlah Eksperimem Tentang Pemanfaatan Jamur








Penilaian
Nilai/Paraf Guru

Nama Siswa :

NIS :

Kelompok :




1 comment: