Saturday, April 14, 2012

LKS pencemaran dan perubahan lingkungan


LKS BIOLOGI
MATA PELAJARAN           : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER            : X/2
JUDUL                                : PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN
METODE                            : NON EKSPERIMEN
WAKTU                              : 2 X 45’         

STANDAR KOMPETENSI 4
Menganaisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.
KOMPETENSI DASAR 4.3
Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
INDIKATOR
Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
TUJUAN
1.       Menganalisis jenis-jenis limbah
2.       Menganalisis teknik daur ulang limbah
PETUNJUK BELAJAR
1.       Pelajarilah buku referensi/lakukuan telaah referensi yang anda miliki
2.       Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tuga-tugas yang ada
3.       Diskusikan  dalam kelompok belajar anda tentang jenis-jenis limbah
4.       Konsultasikan dengan guru jika menemukan kesulitan dalam engerjakan LKS
INFORMASI
                Selaras dengan kemajuan iptek dan bertambahnya jumlah penduduk dengan mobilitas yang cepat, sangat berpengaruh terhadap kebutuhan manusia  yang tidak hanya kebutuhan dasar saja. Dari kebutuhan dasar yang berupa makanan dan sandang sampai pada kebutuhan materi sebagai proses industri, memunculkan kecenderungan semakn meningkatnya kegiatan  yang menghasilkan limbah berupa bahan berbahaya dan beracun (B3) bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.
                Limbah B3 adalah semua bahan, baik padat,cair ataupun gas yang mempunyai potensi merusak terhadap kesehatan manusia serta lingkungan akibat sifat-sifat yang dimiliki senyawa tersebut. Limbah biasanya dibuang kelingkungan sehingga masalah yang ditimbulkannya juga merata dan menyebar dilingkungan yang luas .
                Berdasarkan sumber asalnya limbah dibedakan menjadi:
1.       Limbah pemukiman
2.       Limbah industri
3.       Limbah pertanian
4.       Limbah pertambangan
5.       Limbah pariwisata
Berdasarkan jenis bahan penyusunnya limbah dibedakan menjadi:
1.       Limbah organik
2.       Limbah anorganik

BAHAN DISKUSI
Lakukan pendataan untuk mengetahui macam serta kategori limbah yang ada dirumahmu atau dilingkungan sekolah serta pemanfaatannya kembali,                                                                                                                            
No 
Macam limbah
    Kategori limbah
Pemanfaatan kembali
           proses
Keterangan

Organik
Non organik
Daur ulang
Tanpa daur ulang
1.
2.
3.
4.
5.
6.








































LKS BIOLOGI 03
MATA PELAJARAN           : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER            : X/2
JUDUL                                : PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN
METODE                            : EKSPERIMEN
WAKTU                              : 2 X 45’        

STANDAR KOMPETENSI 4
Menganaisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.
KOMPETENSI DASAR 4.4
Membuat produk daur ulang limbah
INDIKATOR
Membuat produk barang hasil proses daur ulang
TUJUAN
1.       Mendeskripsikan  teknik untuk menghasilkan suatu produk dalam proses daur ulang limbah
2.       Melakukan praktek untuk melakukan suatu proses daur ulang suatu jenis limbah
 PETUNJUK BELAJAR
1.       Pelajarilah buku referensi/lakukuan telaah referensi yang anda miliki
2.       Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tuga-tugas yang ada
3.       Diskusikan  dalam kelompok belajar anda tentang jenis-jenis limbah
4.       Konsultasikan dengan guru jika menemukan kesulitan dalam engerjakan LKS
INFORMASI
                Limbah merupakan sumber daya alam yang telah kehilangan fungsinya. Keberadaannya dalam lingkungan dapat mengganggu baik dalam hal keindahan,kenyamanan maupun kesehatan. Bermacam-macam limbah dapat berada disekitar kita baik limbah padat maupun cair, baik yang berasal dari kegiatan rumah tangga berupa limbah domestik maupun aktivitas pembangunan.
                Upaya pengelolaan, penanganan limbah yang saat ini tengah digalakkan antara lain pemanfaatan kembali limbah yang masih dapat dipakai, misal limbah kertas  didaur ulang dijadikan kertas kembali, limbah plastik didaur ulang dijadikan alat-alat rumah tangga.
LANGKAH KEGIATAN
Alat  dan Bahan
1.       Screen dengan bingkai
2.       Kertas bekas
3.       Batako/batu
4.       Ember
5.       Setrika
6.       Air
7.       Kain katun
8.       Blender
9.       Baskom
10.   Papan kayu
11.   Meja
12.   spon  
Cara Kerja
1.       Kertas bekas dipotong kecil-kecil, kemudian direndam dalam air
2.       Potongan-potongan kertas tersebut diblender hingga menjadi bubur kertas
3.       Kertas yang sudah diblender dituang kedalam baskom yang berisi air kemudian diaduk
4.       Spons diletakkan di atas meja kemudian kain yang sudah dibasahi diletakkan diatasnya
5.       Kertas hasil blenderan yang dicampur dengan air disaring diatas baskom memakai screen sablon tetapi jangan terlalu tebal
6.       Screeen yang sudah berisih hasil saringan kertas diletakkan diatas spons yang sudah dilapisi kain dengan posisi terbalik kemudian screen digosok sedikit lalu diangkat secara hati-hati
7.       Kertas hasil cetakan screen ditutup dengan kain yang sudah dibasahi kemudian ditambahkan satu kain basah lagi diatasnya
8.       Untuk mendapatkan beberapa lembar kertas kamu dapat mengulangi langkah kerja no.5 sampai no.7
9.       Sesudah beberapa lapis, papan kayu diletakkan di  atas lapisan kain. Setelah itu, diatas papan kayu diberi pemberat  berupa batako atau batu
10.   Untuk mengurangi kandungan air, lapisan kertas dibiarkan selama sekitar satu jam. Sebelum diangkat harus dipastikan bahwa lapisan kertas sudah kering
11.   Lapisan kertas yang terlapisi kain diangkat sepasang demi sepasang kemudian dijemur ditempat yang panas
12.   Lapisan kertas yang terlapisi kain disetrika sepasang demi sepsang kemudian kain yang melapisinya dibuka secara perlahan-lahan.

Hasil eksperimen
Setelah melakukan percobaan, buatlah perencanaan/desain bentuk produk barang hasil proses daur ulang:
No
Asal (macam limbah)
Hasil proses daur ulang
Desain (langkah-langkah)
Produk barang
1.
2.
3.
4.
5.






Pertanyaan
Apakah pemanfaatan daur ulang menunjang kelestarian lingkungan, berikan alasan dan contoh konkretnya!



Kelompok :……………..     Anngota kelompok:
Kolom penilaian
No.
Nama siswa
Nilai
Paraf guru
1.
2.
3.
4.
5.




Catatan :










No comments:

Post a Comment